Snippet

MWC 2012 Barcelona: Minimalisir Kertas, Nulis Pakai Gadget

Para wartawan (sumber MWC)

Sebuah program terpuji lahir dari inisiatif penyelenggara MWC 2012, yakni MWC Green Initiatives.

Program ini adalah bagian dari penyelenggaraan MWC 2012, yang di mana program ini menghimbau tiap pengunjung, penyelenggara dan awak pers yang meliput perhelatan tersebut untuk menghemat sumber daya alam dan untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Salah satu upaya “ramah lingkungan” ini terlihat di  GSMA Media Centre. Lokasi media center ini  terletak  di Hall 2.  Lebih dari 2.400 anggota pers seluruh dunia berkumpul untuk menulis artikel, berita dan blog tentang  Mobile World Congress (MWC) 2012 .

Ruangan yang khusus diperuntukkan bagi insan  pers ini dibagi menjadi  Communication Room  dan Interview Room. Di kedua ruangan inilah para pekerja pers melakukan pekerjaan mereka untuk  mengadakan pertemuan pers dan konferensi pers. Jangan heran jika BGers sama sekali tidak akan menemukan secarik kertas pun! Semua notes, catatan, release bahkan pengiriman berita dilakukan non-paper. Semua mengandalkan gadget, melalui surat elektronik, aplikasi notes, tablet dan notebook.

Sejak penyelenggaraan MWC 2008, program  Green Initiatives ini telah gencar dilakukan. Hal ini tidak lain untuk mendorong rasa kepedulian masyarakat dunia untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Salah satunya digalakkan pada acara-acara global seperti MWC 2012 kali ini.

Kalaupun ada kertas atau material cetak, semua dokumen komunikasi yang tercetak seperti konferensi panduan, katalog pameran, daily schedule Mobile World Congress, semua dibuat dari bahan daur ulang.

Dengan program ini, Barcelona elah berhasil mengurangi 55% dari limbah material yang tidak terurai , sejak MWC 2008. Duh kapan ya, Jakarta bisa mencontoh?

2 Responses so far.

  1. Anonim says:

    I think this is among the most vital information for me.
    And i'm glad reading your article. But wanna remark on some general things, The website style is ideal, the articles is really nice : D. Good job, cheers

    Feel free to surf to my web page relp1931.insanejournal.com
    my website > livejournal.com

  2. Anonim says:

    I'll immediately seize your rss feed as I can not to find your email subscription hyperlink or newsletter service. Do you have any? Kindly allow me understand in order that I could subscribe. Thanks.

    Also visit my weblog - this site
    My page :: Check My blog