Snippet

Pengenalan Teknologi Sistem Informasi C

DANANG PRIHONO (11110654/1KA24)
1.       Gambarkan komponen sistem komputer dan ceritakan skema sistem komputer ?
Jawab:

a)      Perangkat Masukan sebagai masuknya data pada komputer untuk diproses.
b)      Perangkat Keluaran sebagai keluar/ tampilnya data yang telah diproses oleh komputer.
c)       Address Bus Jalur (Jalur Bus Alamat) yang digunakan untuk pengalamatan dari CPU ke    Memori atau port, secara pararel (16, 20, 24) dengan jumlah lokasi memori yang dapat dialamati 2N (N adalah jumlah jalur alamat).
d)      Data Bus Jalur (Jalur Bus Data) yang digunakan untuk data-data yang dibaca/ ditulis oleh CPU kemudian dikirim/ diterima dari/ke memori maupun port I/O. Dan data bus terdiri dari jalur pararel (8, 16, 32, 64).
e)      Control Bus Jalur (Jalur Bus Kendali) yang digunakan untuk mengirim sinyal-sinyal  kendali untuk memerintahkan kepada memori untuk membaca/ menulis, pembacaan I/O. (Memory Read/Write, I/O Read/Write). Pada jalur ini berisi 4 ¨C 10 jalur sinyal secara pararel.
f)       Pemroses melakukan kerja mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori utama men-dekode instruksi menjadi proses-proses sederhana dan melaksanakan proses-proses tersebut.
g)      Memory sebagai device penyimpanan dari masukan yang telah diproses.

2.       Sebutkan apa yang dimaksud data, informasi, dan sistem informasi? Sebutkan komponen SI dan kenapa perlu SI di:
a)       Perusahaan Multinasional
b)       Universitas
c)       Laboratorium Kedokteran
d)       Departemen Pertahanan
Jawab:
Data, objek yang nyata yang harus bisa didefinisikan, dideskripsikan dan diilustrasikan.
Informasi, data yang sudah diolah dan berguna bagi mencari dan dapat dimengerti.
Sistem informasi, aplikasi computer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.
Komponen sistem Informasi  :           >Komponen input - Komponen Model
>Komponen output - Komponen teknologi
>Komponen hardware - Komponen software
>Komponen basis data  - Komponen control.

Sebab perlu sitem informasi di:
a)      Perusahaan Multinasional, untuk mengetahui jumlah karyawan dan juga gaji karyawan.
b)      Universitas, untuk menyimpan data mahasiswa dan keadministrasian mahasiswa.
c)       Lab. Kedokteran, untuk menimpan riwayat pasien dan mengetahui jumlah pasien yang ada di rumah sakit.
d)      Dep. Pertahanan, untuk keamanan dan mencegah dari tindakan kejahatan.

3.       Sebutkan device-device yang ada pada alat pemrosesan dan ceritakan apa peranan device tersebut dalam pengertian sistem  computer?
Jawab:
Pemroses disebut CPU, berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan pengolahan data. Pemroses melakukan kerja dengan langkah sbb:
a.       Mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori utama.
b.      Men-dekode instruksi menjadi proses-proses sederhana.
c.       Melaksanakan proses-proses tersebut.
Pemroses terdiri dari tiga komponen, yaitu:
1)      CU (Control Unit), berfungsi mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem computer.
2)      ALU (Aritmetic Logic Unit), berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika.
3)      Register, merupakan memori yang sangat cepat yang berfungsi sebagai tempat operan-operan dari operasi yang akan dilakukan oleh pemroses.
Peranan  device dalam pengertian system komputer adalah untuk melakukan operasi, mengendalikan operasi dan juga sebagai penyimpanan dalam komputer.

4.       Apa yang dimaksud dengan masyarakat informasi?
Jawab:
Information society atau masyarakat Informasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah masyarakat dan sebuah ekonomi yang dapat membuat kemungkinan terbaik dalam menggunakan informasi dan teknologi komunikasi baru (new information and communication technologies(ICT’s)). Dalam masyarakat informasi orang akan mendapatkan keuntungan yang penuh dari teknologi baru dalam segala aspek kehidupan:Di tempat kerja, di rumah dan tempat bermain. Contoh dari ICT’s adalah: ATM untuk penarikan tunai dan pelayan perbankan lainnya, telepon genggam(handphone), teletext television, faxes dan pelayan informasi  seperti juga internet, e-mail, mailinglist, serta komunitas maya (virtual community) lainnya. Pengertian lain dari informastion society atau masyarakat informasi adalah suatu keadaan masyarakat dimana produksi, distribusi dan manipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama. Jadi dapat dikatakan bahwa pengolahan informasi adalah inti dari kegiatan.

5.       Bagaimana menurut anda perkembangan ICT sekarang ini?
Jawab:
Kondisi Indonesia dalam bidang perkembangan information, communication and  technology (ICT) cenderung masih rendah kini masih berada dalam tahap satu atau di tingkat bawah perkembangan ICT. Posisi tinggi atau tingkat 7 masih ditempati Negara adidaya seperti AS, inggris, jepang, kanada, swedia dan prancis. Struktur industri IC di Indonesia saat ini didominasi oleh industri software seperti system aplikasi, jasa layanan dan konten  sebesar 70%, sedangkan industri hardware seperti peralatan infrastruktur, dan komponen sparepart sebesar 30%. Pada tahun 2010 diharapkan ICT Indonesia mencapai level 3. level 3 pertumbuhan ICT Indonesia diperkirakan akan menonjol di sector penyediaan infrastruktur telekomunikasi, meskipun sejauh ini lebih banyak didominasi  pertumbuhan seluler.