Snippet

Sepeda Motor Ala Volkswagen

http://www.suaramedia.com/images/resized/images/stories/1berita/1_2_techno/vw_superbike1_200_200.jpg
Siapa yang tidak kenal Beetle,Polo, Golf GTI, Scirocco, hingga Caravelle. Ya, semua itu mobil-mobil produksi Volkswagen (VW). Namun apa jadinya jika pabrikan Jerman itu memproduksi sepeda motor?

Belum lama ini beberapa media di Eropa merilis sketsa motor superbike yang rencananya bakal diproduksi oleh VW. Coretan tangan yang dimunculkan tersebut memang baru sebatas proyek tidak resmi milik desainer Jerman, Nils Poschwatta.


Namun kehadiran superbike VW ini santer terdengar karena VW berusaha mengekor BMW yang juga menghadirkan sosok S1000RR yang merupakan motor sport yang saat ini menjadi perhatian publik dunia.


Keinginan VW memproduksi motor sport juga makin gencar karena pabrikan Jerman tersebut kabarnya akan berkolaborasi dengan Suzuki
.
Jika VW benar-benar membangun motor sport tersebut, bukan tidak mungkin kekuatan yang ada pada Golf maupun Scirocco juga akan dijejalkan pada kuda besi itu.

Nuansa sporty pun semakin kentara bila kita melihat buritan motor yang lancip dan menungging sehingga aura kecepatan pun dapat terpancar jelas.

Namun  bila mau jujur, meskipun kini memiliki dana dan teknologi serta tenaga ahli yang melimpah cukup sulit bagi VW untuk mengeluarkan sebuah motor dengan merek VW.

Pertama dan yang paling utama adalah citra VW yang sejak dahulu selalu identik dengan mobil, bukan motor, sehingga VW tidak punya tradisi untuk mengembangkan sebuah kendaraan roda dua.

Bila VW tetap berspekulasi, citra mereka menjadi taruhannya. Ini sangat riskan, apalagi dalam upaya mereka menjadi pemuncak industri mobil dunia.

Namun yang menarik, di masa lalu produsen mobil Jerman ini pernah dicurigai merencanakan membangun sebuah sepeda motor bersama-sama dengan pabrikan motor Austria yakni KTM, tapi hingga kini kabar itu belum terbukti.Dari berbagai sumber: