Snippet

Sony Patenkan ‘Temperature Feedback Motion Controller’ untuk PS3

Bermain game akan semakin mengasikkan dan terasa nyata karena para developer juga senantiasa memberikan layanan-layanan baru untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para gamer. Dan Sony yang dikenal dengan berbagai besutan game konsol pun terus membuat inovasi perangkat baru untuk mendukung keasyikan bermain game, salah satunya dengan mengembangkan kontroler gerak pada game konsolnya.

Baru-baru ini, Sony mendapatkan patennya untuk sebuah kontroler gerak yang berbasis para suhu. Kontroler untuk konsol PS3 tersebut bisa mengubah suhu antara panas dan dingin dalam merespon aksi saat bermain game sehingga bisa disesuaikan dengan aksi saat bermain game. Dengan bisa memberikan feedback suhu, gamer dimungkinkan untuk lebih bisa merasakan karakter dari tokoh yang sedang dimainkan, misal saat mendapat pukulan bola api atau saat melakukan perjalanan melintasi badai salju.
Paten yang disebut dengan “Temperature Feedback Motion Controller” ini terlihat seperti kontroler Playstation Move yang dilengkapi dengan bantalan thermal di bagian pegangannya untuk menghasilkan suhu panas atau dingin. Dalam paten itu sendiri tidak disebutkan detail dari teknologi yang digunakan untuk menghasilkan perubahan suhu tersebut. Namun kontroler tersebut akan menggunakan permukaan alternatif yang dihubungkan ke modul thermal untuk menghasilkan sensasi panas atau dingin untuk menghasilkan suhu yang berbeda-beda. Bahkan kontroler ini bisa menghasilkan efek campuran untuk menstimulasi sensasi sakit atau terbakar saat lawan bermain game tersebut menyerang meskipun tidak akan menghasilkan resiko luka yang sebenarnya.

Pihak Sony sendiri belum memberikan komentar untuk paten kontroler tersebut, namun jika hal tersebut bisa direalisasikan, maka Anda para gamer bisa semakin asik bermain game dan seolah-olah ikut masuk dalam game yang sedang Anda mainkan karena rasa realistis yang dihasilkan dari sensasi suhu kontroler baru tersebut.