Snippet

Hacker Mulai Kumpulkan Dana untuk Bobol PS Vita!

Pertempuran antara para peretas dan produsen atau developer produk-produk teknologi memang menjadi perang abadi yang nyaris tanpa pemenang. Walaupun dipandang dan secara hukum tampil sebagai pihak yang disalahkan, tidak sedikit konsumen yang justru sangat bergantung pada kinerja para peretas untuk membobol mekanisme pertahanan sebuah produk teknologi tertentu. Fenomena ini harus diakui seringkali terjadi di industri game, dimana peretasan menjadi sesuatu yang “lumrah” terjadi. Namun di antara para produsen konsol yang ada, Sony tetap bertahan menjadi pihak yang paling sulit untuk ditakhlukkan.

Butuh waktu bertahun-tahun untuk memastikan Playstation 3 mampu disusupi berbagai program pihak ketiga dan pada akhirnya, memainkan sebuah game bajakan. Fenomena yang sama juga tampaknya akan terjadi pada handheld teranyar Sony – Playstation Vita. 6 bulan setelah perilisannya setelah global, tidak ada tanda-tanda bahwa perangkat ini akan dibobol dalam waktu dekat. Di sisi yang lain, Sony juga kian gencar untuk menutup berbagai celah keamanan melalui berbagai update firmware secara berkala. Bagaimana dengan pihak hacker sendiri? Apa yang sedang mereka lakukan? Perlahan namun pasti, mereka mulai mengumpulkan kekuatan.

Anda berada di pihak mana? Sony atau SKFU?
Kelompok hacker yang berfokus pada proses peretasan PS Vita – SKFU mengklaim bahwa mereka menemukan celah keamanan yang mungkin akan dapat dimanfaatkan di masa depan. Untuk mempelajari potensi pembobolan ini, mereka membutuhkan PS Vita versi development kit, sebuah perangkat yang sulit sekali ditemukan di pasaran dan hanya diperoleh oleh para developer game untuk handheld. Namun dengan usaha yang keras dan koneksi yang luas, SKFU menyatakan bahwa sudah menemukan “calon” PS Vita yang mungkin akan menjadi kunci pembajakan. Masalahnya, mereka membutuhkan uang sekitar 2000 Euro untuk mendapatkan devkit ini. Penggalangan dana pun untuk membantu mereka pun dimulai!

Bagaimana dengan respon gamer sendiri? Seperti yang sudah dapat diprediksikan sebelumnya, banyak gamer yang menyatakan dukungan positif mereka akan usaha SKFU ini. Dana pun mulai mengalir secara pasti untuk memastikan SKFU mendapatkan development kit yang krusial ini. SKFU sendiri menyatakan bahwa PS Vita datang dengan kode-kode enkripsi dan dekripsi yang baru, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu untuk dapat dipecahkan. Satu yang pasti, the war has already started. Apakah Anda termasuk gamer yang menunggu keberhasilan SKFU? Atau gamer yang lebih berharap Sony mampu mengalahkan kelompok peretas ini?