Snippet

Elpis, Hadirkan Pengalaman Terbaik Penggunaan Pandora di Desktop Anda

Elpis, Hadirkan Pengalaman Terbaik Penggunaan Pandora di Desktop Anda Image
Pernah merasakan kedahsyatan Pandora? Apakah Anda ingin sesuatu yang lebih dari sekedar menikmati hiburan ala Pandora? Jawabannya cukup simple, segeralah beralih dan perkaya berpengalaman Pandora Anda dengan menggunakan Elpis yaitu semacam aplikasi Pandora client open source (gratis) yang mampu menghadirkan pengalaman Pandora melalui keberadaan tampilan desktop Windows yang lebih bergaya dengan interface yang bebas iklan tentunya.
Elpis, Hadirkan Pengalaman Terbaik Penggunaan Pandora di Desktop Anda Image

Keberadaan Elpis sendiri bisa dibilang sebagai pendukung layanan yang telah disediakan oleh Pandora Media, Inc. Aplikasi desktop berbasis Windows ini dihadirkan untuk menyediakan cara sederhana, ringan dan halus dalam menikmati hiburan musik melalui Pandora serta membebaskan Anda dari segala keterbatasan pada web browser yang ada.
Elpis, Hadirkan Pengalaman Terbaik Penggunaan Pandora di Desktop Anda Image

Berbeda dengan aplikasi Elpis yang bersifat open source, keberadaan Pandora sendiri untuk saat ini masih termasuk aplikasi berbayar. Adapun salah satu cara terbaik yang memungkinkan Anda dapat melakukan streaming musik dengan kualitas yang lebih baik (setingkat kualitas MP3 dengan rate 192kbps) adalah dengan membeli Pandora One Subscription. Dan untuk mengubah pengaturannya pun, kabarnya Anda dapat lakukan hanya melalui Elpis Setting yang ada setelah Anda dinyatakan resmi berlangganan.
Elpis, Hadirkan Pengalaman Terbaik Penggunaan Pandora di Desktop Anda Image

Tidak seperti aplikasi Pandora client lainnya yang memiliki interface yang lebih mirip dengan interface Pandora, Elpis tampaknya telah melakukan terobosan besar dengan memilih tampilan interface yang cenderung mirip dengan interface iPhone. Beroperasi secara handal dengan penggunaan yang mudah dan intuitif, membuat aplikasi ini secara signifikan lebih baik dibanding keberadaan aplikasi Pandora yang menggunakan browser. Dan bahkan untuk menjalankan pengoperasian yang cukup familiar seperti membuat stasiun radio, memilih lagu ke atas atau ke bawah, dan lain sebagainya dapat dilakukan secara cepat dan mudah.
Elpis, Hadirkan Pengalaman Terbaik Penggunaan Pandora di Desktop Anda Image

Selain itu, Elpis juga dapat diminimalisasikan ke bentuk sistem tray dan akan menampilkan tips pemberitahuan saat sebuah lagu baru yang sedang dimainkan. Dengan begitu, Anda dapat dengan bebas menjalankan aplikasi lain tanpa harus terganggu dengan keberadaan tampilan aplikasi Elpis yang sedang Anda jalankan saat itu.
Elpis, Hadirkan Pengalaman Terbaik Penggunaan Pandora di Desktop Anda Image
Berikut adalah uraian fitur yang diusung oleh aplikasi Elpis, yaitu:
  • Sebagai aplikasi desktop sederhana untuk account berlangganan maupun gratis.
  • View, Sortir dan Pilih Stasiun.
  • Play, Pause, Skip Song.
  • Cover dan Artist Art.
  • Thumbs Up, Thumbs Down, Tired of Song.
  • Credential dan login otomatis pengguna yang tersimpan aman.
  • Secara otomatis dapat memutar stasiun terakhir setiap kali aplikasi dijalankan.
  • Terdapat pemberitahuan dengan info lagu menggunakan sistem tray.
  • Dapat diminimalisasikan ke sistem tray.
  • Dapat menampilkan halaman info pandora.com untuk lagu, artis, album dan stasiun.
  • Dapat secara otomatis terhubung kembali pada session timeout (no more “Are you still listening…”).
  • Dapat membuat stasiun.
  • Dapat mengedit QuickMix.
  • Dapat membuat Station dari Lagu/Artist yang sedang dimainkan atau diputar.
  • Dapat menambah artis, lagu, atau komposer yang baru ke stasiun saat ini.
  • Adanya dukungan Media Key (tingkat Global dan Aplikasi).
Sesuai dengan kebutuhan sistem yang ada, keberadaan Microsoft NET Framework 4.0 mutlak harus Anda sediakan sebelumnya pada perangkat Windows Anda agar aplikasi Elpis dapat Anda jalankan dengan optimal. Dan bagi Anda yang saat ini bernaung menggunakan sistem Windows XP SP3, Vista, maupun Windows 7 kabarnya Anda bisa langsung menggunakan aplikasi Elpis tersebut. Dan file installernya pun hanya berukuran 1, 09 Mbyte saja.

Sedangkan untuk persyaratan perangkat keras sendiri praktis tak ada ketentuan berarti sejauh ini, hal ini tentunya terkait dengan penggunaan memori yang lebih kecil dibandingkan aplikasi berbasis web HTML5 yang dijalankan menggunakan browser modern seperti Chrome.