Snippet

Hari Ini, Wikipedia Akan Dimatikan Sementara

Untuk-memprotes-pemberlakuan-SOPA-dan-PIPA,-Wikipedia-akan-dinonaktifkan-selama-24-jam-(gambar-diambil-pukul-11.00-WIB)-(dok.-Wikipedia)BERSIAP-siaplah. Hari ini, sejumlah situs besar akan dinonaktifkan sementara selama 24 jam. Aksi ini dilakukan untuk menentang pemberlakuan undang-undang Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect Intellectual Property Act (PIPA).

Situs terbesar yang bergabung dalam aksi besar-besaran ini ialah Wikipedia yang akan mematikan situs berbahasa Inggrisnya selama 24 jam ke depan. Saat berita ini diturunkan, Wikipedia versi bahasa Inggris akan dimatikan 2 jam lagi.

SOPA dan PIPA disusun kongres AS untuk melawan pembajakan yang marak di dunia maya. Peraturan ini meliputi penyebarluasan musik, film, tayangan televisi dan eBook secara cuma-cuma. SOPA dan PIPA didukung para pekerja industri hiburan yang gerah akan aksi pembajakan. Sebaliknya, peraturan ini justru ditentang para penggiat dunia tekno atau masyarakat awam yang bergantung pada konten-konten gratis di internet.

Para pendukungnya menyebutkan, pihak legislative wajib melindungi hak intelektual dan kreativitas para seniman dan musisi. Namun di pihak lain, banyak yang menilai undang-undang ini akan berdampak luas, sehingga merugikan industri teknologi dan merusak hak kebebasan berpendapat. Peraturan ini juga menimbulkan kekhawatiran akan penyalahgunaan kekuasaan pemerintah AS untuk mengatur regulasi konten internet di seluruh dunia.

Seperti dilansir Daily Mail, SOPA dan PIPA juga mengancam keberadaan sejumlah situs besar, seperti Google yang acapkali menyertakan link menuju situs-situs penyedia konten gratisan. Akibatnya, jika peraturan ini berhasil dilegalkan, para peselancar di dunia maya tidak dapat lagi menikmati musik, film, video, eBook, dan live streaming secara gratis.

“Kami menyesal harus menahan para pengguna Wikipedia untuk mengakses halaman kami, tapi kami juga tidak bisa menghindari fakta bahwa SOPA dan PIPA dapat mengancam kebebasan berpendapat di AS dan seluruh dunia,” tegas Jimmy Wales, pendiri Wikipedia.

Wikipedia bersama perusahaan Wikimedia mengumpulkan opini dari para penggunanya selama 72 jam yang menghasilkan keputusan berupa penonaktifan Wikipedia selama 24 jam.