Snippet

Phantom Pain: Teaser Tersembunyi Metal Gear Solid 5?


Spike Video Game Awards 2012 memang menyimpan segudang kejutan yang luar biasa untuk industri game. Selain menampilkan beragam trailer terbaru dari game-game yang sangat diantisipasi, acara ini juga ternyata juga menyimpan beberapa judul game yang belum pernah diperkenalkan sebelumnya. Salah satu yang cukup mengejutkan? Datang dari sebuah perusahaan developer baru yang belum pernah terdengar sebelumnya – Moby Dick Studio dari Swedia. Lewat sebuah teaser awal yang mengagumkan, developer ini memperkenalkan sebuah game survival horror dengan beragam konten surealis – Phantom Pain. Namun apa yang terjadi? Begitu diumumkan, game ini langsung menjadi kontroversi tersendiri.

Trolling. Ini yang dipercaya sedang dilakukan oleh “Moby Dick” Studios yang diragukan eksistensinya. Keseluruhan trailer pertama yang disuguhkan oleh Phantom Pain memang meninggalkan kesan Metal Gear Solid yang begitu kental, dengan karakter utama yang memang mirip Solid Snake / Big Boss. Para gamer pun mulai berspekulasi apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Phantom Pain ini? Sebagian besar bukti mengarah pada satu titik yang sama, bahwa sebenarnya Phantom Pain merupakan teaser untuk seri terbaru Metal Gear Solid. Ia diperkirakan akan menjadi seri lain Metal Gear Solid selain Ground Zeroes yang tengah dipersiapkan. Benar sekali, kita membicarakan Metal Gear Solid 5. Lantas, bukti apa saja yang mengarah pada konklusi yang satu ini? Kami akan menyediakannya lewat sederetan screenshot di bawah ini. Anda juga dapat membandingkannya dengan trailer yang dirilis oleh “Moby Dick Studios” ini.
Jika titik hilang di tulisan Phantom Pain ini digabungkan, maka kita akan melihat tulisan Metal Gear Solid V. (klik gambar untuk melihat .gif yang lebih jelas)

Salah satu staff Konami terlihat mengenakan pakaian “Moby Dick Studios” ini.

“Phantom” juga sempat disebutkan di trailer pertama MGS: Ground Zeroes

Desain pasukan musuh yang menyerbu ke rumah sakit memiliki desain yang sama dengan pasukan di MGS: Ground Zeroes.

Terlihat seperti pakaian Big Boss di Ground Zeroes?

The same scar..

Kojima sempat memberikan tweet tentang mo-cap untuk adegan mobil terbalik yang mirip dengan teaser Phantom Pain ini.

Sosok yang terlihat seperti Volgin.

Apakah ini berarti Hideo Kojima dan Konami tengah mempersiapkan dua seri Metal Gear Solid: Phantom Pain (V) dan Ground Zeroes? Ataukah teaser ini hanya merupakan tambahan untuk Ground Zeroes yang sudah diperkenalkan terlebih dahulu? Atau jangan-jangan eksistensi Moby Dick Studios dan Phantom Pain memang benar adanya? Untuk sementara ini, tidak ada jawaban yang pasti untuk semua pertanyaan ini. Jika memang benar ini hanyalah trolling yang dilakukan oleh Kojima, I ain’t even mad!