Snippet

Skyrim Kini Jadi Mata Kuliah di Universitas!

Video game mungkin merupakan sebuah media hiburan, namun itu tidak lantas membuatnya “dangkal”. Untuk memastikan kualitas terbaik yang ada, tidak sedikit developer yang harus melakukan beragam penelitian terlebih dahulu, bahkan berkonsultasi dengan para ahli di bidang tertentu, sebelum memulai proses pengembangan game. Butuh proses kompleks yang membutuhkan banyak “kepala” sebelum sebuah video game tiba di tangan para gamer. Oleh karena itu, tidak berlebihan rasanya jika ia menjadi subjek yang menarik untuk dipelajari. Seperti yang terjadi dengan game action RPG terbaik yang sudah mencuri hidup banyak gamer – Elder Scrolls V: Skyrim. Percaya atau tidak, game menjadi mata kuliah di salah satu Universitas di Amerika Serikat.

Rice University di Houston, Amerika Serikat menjadikan Skyrim sebagai mata kuliah terbaru mereka, walaupun hanya untuk satu semester saja. Universitas yang sama sekali tidak berhubungan dengan seni ataupun game design ini menawarkan tajuk mata kuliah – Fantasy Worlds: Old Norse Nagas and Skyrim. Jadi apa yang dipelajari dari mata kuliah ini? Ada dua tujuan utama: mempelajari fantasi yang menjadi konsep psikologi di budaya gamer, dan mempelajari keterkaitan cerita Skandinavia dan pengaruhnya pada budaya Anglo-American. Mereka bahkan mempelajari sisi politiknya! Selama mempelajari konsep ini, para murid akan diminta untuk memainkan beberapa quest berbeda di Skyrim. Di sana, mereka akan mengidentifikasi beragam momen yang merepresentasikan teori ini. Pendaftaran baru saja dibuka dengan jumlah kursi kelas yang terbatas.

 
Bayangkan jika mata kuliah ini tersedia untuk kampus-kampus Anda! Gamer mana yang tidak akan jatuh cinta?

Kuliah, belajar, sembari memainkan Skyrim sebagai tugas utama? Isn’t that our dream as a gamer? Seandainya saja universitas di Indonesia menaruh perhatian yang lebih besar untuk video game , mempelajarinya, dan menelurkan mata kuliah-mata kuliah unik seperti ini. Semuanya akan masuk ke kelas dengan bibir tersenyum.