Oracle Dukung Keamanan Tren BYOD dengan Oracle Adaptive Access Manager
Perkembangan perangkat ICT telah mendorong sebuah tren baru di dunia bisnis, yaitu BYOD (Bring your own device).
Tren ini merujuk kepada kebiasaan karyawan untuk membawa perangkat
ICT-nya sendiri ke kantor dan menggunakannya untuk keperluan bisnis.
Email dikirim dan diterima melalui smartphone, transaksi bank
dilaksanakan dengan tablet, atau pengeditan dokumen kerja yang dilakukan
dengan laptop.
Jumlah perangkat yang terhubung ke database perusahaan, serta
kemampuan akses yang tidak memandang tempat dan waktu, telah
berkontribusi kepada peningkatan ancaman keamanan data. Oracle
menawarkan sebuah sistem keamanan yang dapat mengidentifikasi perangkat
yang biasa digunakan oleh karyawan untuk menjalankan bisnis dengan
menggunakan “sidik jari” perangkat (merek, tipe, kode produk, alamat IP,
dsb).
Sistem keamanan ini dinamakan Oracle Adaptive Access Manager yang
akan segera melakukan konfirmasi atau pemblokiran ketika transaksi
bisnis dilakukan dengan perangkat lain. Ketika karyawan menggunakan
perangkat lain untuk mengakses data perusahaan, Oracle Adaptive Access
Manager akan mengidentifikasi perangkat baru tersebut dan memblokir
akses. Melalui management suites Oracle, sistem ini akan mengonfirmasi
identitas pengguna sehingga keamanan akses data meningkat tanpa
menghentikan proses bisnis.
Walaupun menggunakan perangkat yang sudah terdaftar dalam sistem
sekalipun, Oracle Adaptive Access Manager akan memblokir akses data dan
transaksi bisnis yang dilakukan dengan perangkat tersebut di luar
negeri. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan data perusahaan yang
mungkin terancam oleh perbedaan jaringan yang digunakan di luar.
Dengan beragam sistem keamanan yang ditawarkan, akhir Januari lalu
Oracle mengumumkan keberhasilannya meraih posisi pemimpin dalam Gartner
Magic Quadrant untuk “Tata Kelola Akses dan Identitas” (Identity and Access Governance—IAG).
Kepemimpinannya dalam kategori tersebut menunjukkan bahwa Oracle
merupakan vendor yang mampu menyediakan produk dengan beragam fungsi
untuk memenuhi kebutuhan klien dalam membangun sistem tata kelola akses.
Posting Komentar