Snippet

Performa Game HTML5: iOS 3 Kali Lebih Cepat Daripada Android

Android mungkin boleh menjadi mobile web browser terpopuler saat ini, tapi jika urusan membuka HTML5 sepertinya iOS menjadi rajanya. Laporan ini muncul dari spaceport.io yang mengklaim sebagai 'yang pertama melaporkan kinerja teknologi pada perangkat tablet dan smartphone unggulan'.

HTML5 mungkin teknologi yang layak untuk mendukung berbagai aplikasi mobile. Spaceport merilis bahwa perangkat iOS seperti iPhone 4S dan iPad 2 mencatat angka yang tinggi pada saat penilaian. Masing-masing mampu menangani 200 dan 300 objek bergerak. Untuk saat ini, iPad 2 menduduki peringkat pertama mengalahkan seluruh perangkat Android untuk aplikasi dan game versi HTML5.

Menurut laporan tersebut hanya Galaxy Nexus yang mampu menangani lebih dari satu objek bergerak pada layar (rata-rata sekitar 100 gambar). Sementara ponsel Android lain semisal Droid 2 bekerja keras menangani sebuah gambar pada 30 frame per detik. Perangkat iPhone 3GS mampu menangani 53 objek bergerak pada 30 FPS.

Terlebih lagi, meskipun banyak tablet Android yang berisikan hardware powerful, mereka hanya tampil biasa saja dan kurang memuaskan. Galaxy Tab dan Asus Eee Pad Transformer juga bisa melakukan performa yang baik, namun dengan teknik tertentu, seperti css3dbackground dan css2dimg.

Secara keseluruhan, laporan tersebut menyimpulkan bahwa kedua platform, iOS 5.0 dan Android 4.0 memiliki 'perbaikan besar' dari versi-versi sebelumnya. Android Ice Cream Sandwich mampu menjalankan HTML5 jauh lebih baik daripada Android 3.0.

'HTML5 tumbuh semakin pesat, terlihat dari perbaikan yang dilakukan pada OS Android juga iOS. Perjalanan masih panjang dan ini baru awal,' kata Ben Savage pendiri Spaceport.

 
via TechCrunch