Snippet

Oracle Dukung Keamanan Tren BYOD dengan Oracle Adaptive Access Manager

Perkembangan perangkat ICT telah mendorong sebuah tren baru di dunia bisnis, yaitu BYOD (Bring your own device). Tren ini merujuk kepada kebiasaan karyawan untuk membawa perangkat ICT-nya sendiri ke kantor dan menggunakannya untuk keperluan bisnis. Email dikirim dan diterima melalui smartphone, transaksi bank dilaksanakan dengan tablet, atau pengeditan dokumen kerja yang dilakukan dengan laptop.

Jumlah perangkat yang terhubung ke database perusahaan, serta kemampuan akses yang tidak memandang tempat dan waktu, telah berkontribusi kepada peningkatan ancaman keamanan data. Oracle menawarkan sebuah sistem keamanan yang dapat mengidentifikasi perangkat yang biasa digunakan oleh karyawan untuk menjalankan bisnis dengan menggunakan “sidik jari” perangkat (merek, tipe, kode produk, alamat IP, dsb).

Sistem keamanan ini dinamakan Oracle Adaptive Access Manager yang akan segera melakukan konfirmasi atau pemblokiran ketika transaksi bisnis dilakukan dengan perangkat lain. Ketika karyawan menggunakan perangkat lain untuk mengakses data perusahaan, Oracle Adaptive Access Manager akan mengidentifikasi perangkat baru tersebut dan memblokir akses. Melalui management suites Oracle, sistem ini akan mengonfirmasi identitas pengguna sehingga keamanan akses data meningkat tanpa menghentikan proses bisnis.

Walaupun menggunakan perangkat yang sudah terdaftar dalam sistem sekalipun, Oracle Adaptive Access Manager akan memblokir akses data dan transaksi bisnis yang dilakukan dengan perangkat tersebut di luar negeri. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan data perusahaan yang mungkin terancam oleh perbedaan jaringan yang digunakan di luar.

Dengan beragam sistem keamanan yang ditawarkan, akhir Januari lalu Oracle mengumumkan keberhasilannya meraih posisi pemimpin dalam Gartner Magic Quadrant untuk “Tata Kelola Akses dan Identitas” (Identity and Access Governance—IAG). Kepemimpinannya dalam kategori tersebut menunjukkan bahwa Oracle merupakan vendor yang mampu menyediakan produk dengan beragam fungsi untuk memenuhi kebutuhan klien dalam membangun sistem tata kelola akses.