Snippet

JagatTalk: Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

Di pergantian bulan yang bertepatan dengan akhir pekan ini, Jagat Review kembali mengajak para Tweeps follower @jgtreview untuk mengemukanan pendapatnya melalui JagatTalk. JagatTalk adalah media tukar pendapat antar Tweeps yang dibuka setiap hari Jumat malam hingga Minggu sore di channel Twitter @jgtreview yang merupakan channel resmi Jagat Review. Tweeps follower @jgtreview bebas mengemukakan pendapatnya dalam JagatTalk, tetapi tentunya dengan memperhatikan persyaratan 140 karakter di Twitter.

Kali ini, topik yang diangkat adalah masalah terkait gangguan listrik yang sering terjadi di Indonesia, termasuk listrik padam yang bahkan masih sering terjadi di kota-kota besar. Tentunya, gangguan kelistrikan tersebut sedikit banyak akan berpengaruh terhadap penggunaan alat elektronik, termasuk juga komputer. Bila tidak terlindungi dengan benar, bisa jadi gangguan kelistrikan tersebut bisa merusak salah satu perangkat yang ada di dalam komputer. Lalu, bagaimana Tweeps follower @jgtreview melindungi komputernya dari gangguan listrik tersebut? Untuk mengetahui hal tersebut, kami mencoba melempar pertanyaan “Apakah Tweeps menggunakan perangkat seperti stabilizer atau UPS untuk menjaga arus listrik ke komputer? Mengapa? #jgttalk” untuk #jgttalk kali ini.

 
Kota seperti New York pun masih bisa mengalami gangguan listrik.


Tidak lama setelah pertanyaan tersebut kami lemparkan pada Jumat malam, beberapa Tweeps sudah memberikan jawaban mereka, seperti misalnya Widi Anugerah yang memberikan pendapat “@jgtreview gw lebih prefer ups jika listrik di rmh udh stabil,,krn ga bkin komponen2 kita rusak krn kita sempet utk shutdown cpu” dan juga ダマール·ヌグロホ yang memberikan komentar “@jgtreview saya pakai stabilizer untuk menjaga kestabilan voltage yg masuk ke PSU..voltage stabil tentu membuat komponen2 awet #jgttalk“.

Tweeps lain tampaknya juga memiliki pendapat yang tidak jauh berbeda dengan kedua Tweeps yang telah disebutkan di atas, yaitu Muhamad Aldiawan yang memberikan pendapat “@jgtreview pakai UPS!, selain bisa menstabilkan arus listrik ke PC bisa backup power juga. Lumayan jadi bisa sempet save dokumen :) )” serta Jonathan WS  yang mengatakan “@jgtreview #jgttalk pakai stabilizer, karena listrik pln nda stabil…“.

Berbagai macam pendapat dikemukakan oleh Tweeps follower @jgtreview dalam #jgttalk kali ini. Namun, sebagian besar setuju dengan pendapat bahwa penggunaan perangkat yang bisa meminimalisasi dampak dari gangguan listrik seperti uninteruptible power supply (UPS) atau stabilizer memang dibutuhkan. Bagaimana dengan Anda, pembaca setia Jagat Review? Apakah Anda juga berpendapat bahwa penggunaan perangkat-perangkat tersebut dibutuhkan?