Snippet

Teknologi Telematika


1. PENDAHULUAN
Dalam perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan menurut keperluan sampai seluruh dunia.

Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang sedemikian rupa, hanya saja harus adanya dukungan teknologi. Teknologi telematika yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.

2. MATERI
Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:

a. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

b. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).

c. Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Contoh Contoh Dari Teknologi Telematika
a. E-goverment
E-goverment dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya.

Dengan e-goverment, pemerintah dapat menjalankan fungsinya melalui sarana internet yang tujuannya adalah memberi pelayanan kepada publik secara transparan sekaligus lebih mudah, dan dapat diakses (dibaca) oleh komputer dari mana saja. E-goverment juga dimaksudkan untuk peningkatan interaksi, tidak hanya antara pemerintah dan masyarakat, tetapi juga antar sesama unsur pemerintah dalam lingkup nasional, bahkan intrernasional. Isi informasi dalam e-goverment, antara lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistik, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.

b. E-commerce
Prinsip e-commerce tetap pada transaksi jual beli. Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan internasional, menyangkut regulasi, pengiriman perangkat lunak (software), perbankan, perpajakan, dan banyak lagi. E-commerce juga memiliki istilah lain, yakni e-bussines.

c. E-learning
Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance learning) dengan media internet berbasis webatau situs. Melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah tugas, dapat dilakukan. Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Web bernuansa pendidikan non-institusi, perpustakaan online, dan interaksi dalam group, juga sangatlah mendukung.

3. PEMBAHASAN
Pada dasarnya teknologi diciptakan atau dibuat untuk memudahkan suatu pekerjaan dalam penggunaan kehidupan sehari - hari agar lebih cepat, efisien, dan praktis. Tentunya teknologi dibuat berdasarkan permasalahan yang telah ada yang kemudian dibuat konsep dan diimplementasikan yang selanjutnya didistribusikan sesuai kebutuhan. Semakin canggih teknologi itu dibuat dan dikembangkan akan pasti mempengaruhi konsep dan implementasi terdistibusi tersebut. Karena teknologi yang telah dikembangkan memiliki perbedaan permasalahan yang belum ada pada teknologi sebelumnya. Kemungkinan, konsep teknologi yang berkembang berbeda dari teknologi sebelumnya sesuai kebutuhannya. Hal demikian, akan juga mempengaruhi dalam sistem distribusinya yang lebih maju dari teknologi yang ada sebelumnya.

Contohnya perkembangan teknologi layanan pada bank, yaitu internet banking yang ada sekarang dibuat hasil dari menggabungkan teknologi dan layanan bank tradisional melalui website yang digunakan pelanggan untuk mengakses rekening bank mereka. Ini menyediakan beberapa keuntungan bagi pelanggan yang membutuhkan untuk mengakses informasi mereka dan melakukan bisnis dengan cepat. Website bank memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi perbankan setiap saat hanya dengan komputer dan koneksi internet. Sebelum adanya perkembangan teknologi pada layanan bank ini, pelanggan harus datang ke bank dan pastinya mengantri yang akan membuang-buang waktu.

Konsep dan implementasinya dalam pelayanannya jelas berbeda saat datang ke bank dibandingkan dengan mengakses website bank tersebut yang dapat diakses setiap saat dimanapun dan kapanpun. Demikian, sistem terdistribusinya juga berbeda dengan sebelumnya. Sebelumnya pelanggan hanya dapat mengakses rekening bank mereka dan informasi mereka dalam melakukan bisnis di ATM atau di cabang-cabang bank yang tersedia, namun dengan adanya internet banking pelanggan dapat mengakses rekening bank mereka dan informasi mereka dalam melakukan bisnis setiap saat.

4. REFERENSI