Snippet

Hacker Ungkap Kemampuan CPU Nintendo Wii U



Rilis Nintendo Wii U memang menyisakan berbagai pertanyaan besar di publik industri game. Walaupun ratusan ribu unit sudah tiba di tangan gamer, tidak ada satupun yang mengetahui dengan pasti spesifikasi sesungguhnya dari konsol next gen milik Nintendo ini. Perusahaan asal Jepang tersebut juga terlihat enggan untuk membagikan informasi ini kepada para konsumennya. Banyak yang mencurigai bahwa alasan di balik kebijakan ini ada pada kelemahan CPU yang diprediksikan lebih lambat daripada konsol saat ini, seperti yang sempat disampaikan oleh developer Metro 2033 – 4A Games. Namun seorang hacker justru tampil “membela” Wii U dengan fakta-fakta baru yang menarik.
Hector Martin, hacker yang juga bertanggung jawab atas ketersediaan open-source driver untuk Kinect di masa lalu, mengaku telah menemukan rahasia yang selama ini selalu berusaha disembunyikan oleh Nintendo. Apalagi, kalau bukan spesifikasi yang diusungnya, terutama CPU yang mereka tanamkan. Martin menyatakan bahwa CPU Nintendo Wii U sendiri berbasiskan AMD, dan mendapatkan nama sandi minuman – Espresso. Walaupun tidak memiliki clock speed secepat Xenon XBOX 360 ataupun Cell Playstation 3, Espresso ternyata mengusung mekanisme desain out of order yang memungkinkannya untuk mengerjakan lebih banyak komputasi dalam satu waktu yang sama. Martin mengungkapkan bahwa CPU dual-core ini juga tidak mengusung hardware thread sama sekali. Kecepatannya sendiri? Martin membacanya sekitar 1,24Ghzdalam posisi idle, walaupun tidak dapat memastikan hal ini.
Lantas apa yang dapat disimpulkan dari CPU Nintendo Wii U ini? Memang benar bahwa kecepatan CPU ini tidak dapat disandingkan dengan kecepatan dari XBOX 360 dan PS 3, namun desain mekanismenya sendiri membuat CPU ini mampu bekerja lebih efektif. Desain out of ordernya memang unik di pasar konsol, dan mungkin saja memaksa para developer untuk menempuh jalur berbeda untuk memaksimalkannya jika game multi-platform yang mereka kembangkan ternyata mengusung sistem in order dari XBOX 360 dan Playstation 3. Jadi benarkah CPU Wii U lambat? Menurut Martin, tidak.   

One Response so far.

  1. Anonim says:

    Pretty nіce post. I ϳuѕt stumbled upоn youг weblog аnd wanted
    to say that I've truly enjoyed browsing your blog posts. In any case I'll be subscribing to уouг
    feed and I hoρe you writе again very sоon!
    Also visit my web blog :: mini notebooks