Snippet

Instalasi Compiere Di Windows

Persiapan Instalasi
Compiere ada yang dapat menggunakan RDBMS selain Oracle. Solusinya yaitu dengan bantuan Compiere 253a dari jotel.com.pl, ditambah dengan Fyracle dari fyracle.org, dan disertai dengan JDK 5 dari oracle.com/technetwork/java tentunya aplikasi Compiere sudah dapat berjalan dengan baik di sistemWindows. Yang dibutuhkan Compiere agar dapat berjalan di komputer tanpa menggunakan Oracle adalah sebagai berikut:
1. JDK 5 Update 10 (oracle.com/technetwork/java)
2. Fyracle-runtime-win32-installer (fyracle.org/downloads)
3. Compiere_C253a (jotel.com.pl atau fyracle.org/downloads)
4. Compiere_C253a_Data (jotel.com.pl atau fyracle.org/downloads)

Instalasi J2SE Development Kid 5.0 Update 10 (JDK 5.0 Update 10)
1. Cari paket instalasi Java lalu klik dua kali pada ikon aplikasi tersebut untuk memulai proses instalasi. Maka akan keluar jendela yang menanyakan persetujuan, pilihlah “I accept the terms in the license agreement”, lalu klik tombol Next >.

2. Jendela Custom Setup akan terbuka. Pilihlah direktori dimana JDK akan disimpan, secara default akan tersimpan di Program Files. Klik tombol Next > bila sudah menentukan posisi tempat menyimpan JDK.

3. Tunggu hingga proses kopi dan instalasi JDK selesai. Maka pada jendela berikutnya akan tampil konfirmasi instalasi JRE, tentukan tempat JRE akan di install. Lebih baik install dalam satu lokasi dengan JDK (misal: C:\Program Files (x86)\Java). Klik tombol Next > bila sudah menentukan posisi tempat menyimpan JRE.

4. Pada tampilan berikutnya akan muncul jendela Browser Registration yang menanyakan akan di install di browser manakah Java Plug-In. Klik tombol Next > untuk lanjut.

5. Proses instalasi JRE akan berlanjut. Tunggu hingga jendela selanjutnya tampil. Bila instalasi telah selesai silahkan klik tombol Finish. Dengan demikian Java sudah komplit di install.

Instalasi Fyracle
1. Jalankan file binary (executable) dari Fyracle yang telah di download melalui situs resminya, maka akan tampil jendela Setup Fyracle. Klik tombol Next > untuk memulai proses instalasi.

2. Jendela License Agreement akan muncul dan menanyakan persetujuan kembali. Pilih “I accept the agreement” Kemudian klik tombol Next >.

3. Pada tahap selanjutnya akan diminta lokasi Fyracle akan di install. Klik tombol Next > bila sudah menentukan lokasi tempat penyimpanan.

4. Di jendela berikutnya akan diinformasikan bahwa Fyracle siap di install, klik tombol Next > untuk melanjutkan proses instalasi.

5. Tunggu hingga proses instalasi selesai dan jendela Completing the Fyracle Setup Wizard muncul. Hilangkan tanda centang pada View Readme File bila tidak ingin membaca petunjuk oleh pembuatnya. Klik tombol Finish untuk mengakhiri proses instalasi.

Instalasi Compiere
1. Buat folder dengan nama compiere di drive C. Misal: C:\compiere.

2. Ekstrak file Compiere_C253a.zip dan Compiere_C253a_Data.zip ke dalam folder Compiere tersebut.

3. Jalankan script WinEnv.js untuk menentukan lokasi Compiere dan JDK dengan menggunakan perintah: cscript winenv.js c:\compiere\ompiere2 “c:\program files (x86)\java\jdk1.5.0_10”.

4. Jalankan Run_setup.bat yang terdapat di dalam folder Compiere2. Program setup akan berjalan dan tunggu hingga jendela Compiere Server Setup tampil. Setelah jendela Compiere Server Setup tampil, kemudian sesuaikan setup dengan tabel berikut ini:

Java Home 
Misal: C:\Program Files (x86)\Java\jdk1.5.0_10 

Compiere Home 
Misal: C:\compiere\Compiere2 

Application Server 
 Misal: DANANGPRIHONO 

Deployment
jangan dirubah

Web Port 
80 

Database Server 
 Misal: DANANGPRIHONO 

Database Name 
Misal: C:\compiere\compiere.fdb 

Database Port 
3050 

Database User 
SYSDBA 

Mail Server 
Misal: DANANGPRIHONO 

Mail User 
di isi bila diperlukan / bisa dikosongkan

Java VM 
sun 

KeyStroke Password 
jangan dirubah

Server Type 
jboss 

JNP Port 
1099 

SSL 
443 

Database Type 
firebird 

Database Search 
Misal: C:\compiere\compiere.fdb 

System Password 
masterkey 

Databasa Password 
masterkey 

Admin Email 
di isi bila diperlukan / bisa dikosongkan

Mail Password 
di isi bila diperlukan / bisa dikosongkan

5. Klik tombol Test untuk menguji konektivitas Compiere terhadap Java dan Fyracle. Selanjutnya akan tampil jendela Key Store Dialog, isikan sesuai dengan data asli. Klik tombol centang untuk melanjutkan proses instalasi. Bila firewall / Internet Connection Firewall di sistem operasi diaktifkan maka akan muncul peringatan dalam pemberian ijin akses. Dalam hal ini harap diberikan akses untuk melakukan transaksi keluar.

6. Pengecekan konektivitas akan berlanjut dan setiap kolom yang sudah diisi dengan benar akan ditandai dengan tanda centang berwarna hijau. Tetapi bila ada tanda centang berwarna merah di salah satu kolom, berarti konfigurasi belum benar. Harap periksa kembali kolom-kolom yang telah diisi

7. Pada tampilan berikutnya akan muncul jendela License Agreement, klik tombol “Yes, I Understand and Accept”. Instalasi akan berjalan kembali dan tunggu hingga jendela yang menyatakan proses konektivitas selesai tampil. Bila sudah tampil silahkan klik tombol OK untuk menutupnya.

8. Semua jendela instalasi Compiere akan tertutup semuanya dan hanya tinggal sebuah command prompt yang memberikan pesan instalasi telah selesai. Bila ErrorLevel=0 berarti proses instalasi berjalan dengan baik dan sukses. Apabila ErrorLevel > 0 berarti ada kesalahan dalam proses instalasi. ErrorLevel dapat dilihat di command prompt pada baris terakhir dan berada di atas kalimat “Setup Client Environment”. Tekan tombol Enter pada keyboard untuk menutup command prompt tersebut.

9. Jalankan Compiere dengan klik dua kali pada ikon Compiere2 yang terdapat di desktop. Maka akan muncul sebuah splash screen yang menunjukkan Compiere sedang loading. Pada tampilan berikutnya akan muncul jendela License Agreement, klik tombol “Yes, I Understand and Accept”.

10. Tahap berikutnya yaitu menentukan letak dari database yang akan digunakan melalui jendela Compiere Connection. Sesuaikanlah dengan setup yang telah dilakukan tadi (Langkah Ke-4). Kemudian klik tombol Test Database untuk menguji apakah sudah dapat terkoneksi dengan benar.

11. Jendela Compiere Login akan tampil, klik tanda centang berwarna hijau. Selanjutnya akan diminta konfigurasi sistem untuk Compiere, bila tidak ada perubahan silahkan klik klik tanda centang berwarna untuk dapat masuk ke dalam program utama Compiere.

12. Compiere akan loading kembali dan mempersiapkan jendela utama. Setelah beberapa detik jendela utama Compiere akan terbuka dan siap digunakan secara standalone (hanya untuk satu komputer).

Download DISINI
Password @danprihono