Snippet

Membuat Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal Dengan OpenGL (Command GL_POINTS) Pada Dev C++

Sekilas tentang OpenGL. OpenGL merupakan singkatan dari Open Graphics Library. OpenGL itu sendiri merupakan spesifikasi standar yang mendefinisikan suatu lintas bahasa untuk mengembangkan suatu aplikasi yang menghasilkan suatu grafis komputer dalam bentuk 2D ataupun 3D.

OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu: 

Glut.h
Glut32.lib
Glut32.dll

Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuat konsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool tertentu. Kali ini saya akan menjelaskan pembuatan gambar sederhana yaitu gambar garis vertikal, horizontal, dan diagonal dengan Dev C++ sebagai IDE-nya.

Dalam membuat Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal Dengan OpenGL Pada Dev C++. Pertama yang harus yang kita lakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
1. Dev C++ (Pastikan PC atau laptop Anda sudah terinstall aplikasi ini).
2. Header Glut (Header yang akan digunakan untuk OpenGL).
Apabila komputer Anda belum terinstall Dev C++, Anda bisa mendownloadnya disini, kemudian dinstall. Untuk menjalankan atau membuat file OpenGL anda harus memiliki Headernya, Anda bisa mendownloadnya disini, dan untuk menginstal header OpenGL berikut adalah langkahnya :
1. Masuk kedalam Dev C++.
2. Klik menu tools > Pilih Package manager seperti gambar di bawah :
3. Klik Install, ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip ) terbaca.
4. Klik open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.

Setelah selesai menginstall Dev C++ dan header OpenGL, selanjutnya mencoba untuk langsung Membuat Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal Dengan OpenGL (Command GL_POINTS) Pada Dev C++, cara membuat file baru adalah :
1. Klik menu File > Pilih New > Project .
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.


/* OpenGL animation code goes here */
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPointSize(3.0); //Menentukan ukuran titik.
glBegin(GL_POINTS); //Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0.0,0.9,0.0); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.0,0.1,0.0); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}

Logika :
Pembuatan garis vertical sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex2f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan. Setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertical. 

2. Garis Horizontal
/* OpenGL animation code goes here */
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPointSize(3.0); //Menentukan ukuran titik.
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_POINTS); //Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0.9, 0.0, 0.0); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(
0.1, 0.0, 0.0); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}

Output Programnya adalah :
Logika : Pembuatan garis horizontal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex2f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan. Setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis horizontal.

/* OpenGL animation code goes here */
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPointSize(3.0); //Menentukan ukuran titik.
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_POINTS); //Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0.9,0.9); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(
0.8,0.0); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}

Logika :
Pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian “glvertex2f” disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan. Setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis diagonal.