Snippet

Fitur SIRI di Windows 7

Fitur perintah suara kembali naik ke permukaan setelah sebelumnya sempat tenggelam. Adalah iPhone dengan perintah suaranya yang handal di sebut SIRI kembali mengangkat fitur Voice Command kembali. Namun dalam artikel hari ini, penulis akan sajikan bagaimana melakukan perintah suara dalam Windows 7 di PC Anda.Penulis akan mencoba membahasnya dengan menggunakan aplikasi pihak ke tiga yang bernama Km Remote, Software gratis yang dapat di sebar luaskan secara bebas tanpa kepentingan komersil.
Fitur SIRI di Windows 7 Image
Lazimnya, aplikasi ini fungsinya sama seperti  Ease of Acces di windows 7 yang di peruntukkan bagi mereka para penyandang cacat. Seperti narrator, fitur ini hingga sekarang jarang di lirik orang padahal jika di manfaatkan dengan baik ini merupakan fitur yang sangat berguna. Namun dalam windows 7, pengucapan narrator masih terkesan kurang jelas dan buru-buru (berbeda dengan Windows 8 yang penulis coba, fungsi ini sudah di sempurnakan).
Berikut adalah petunjuk sederhana untuk menggunakan Km Remote.
  1. Buka Browser Anda dan install aplikasi KM REMOTE di http://www.softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/KM-Remote.shtml . Install seperti biasa. Setelah di install jalankan aplikasinya.
  2. Fitur di sebelah kiri KM Remote adalah list button yang di gunakan, sedangkan yang di belah kanan adalah fitur aktivasi tombol.
    Fitur SIRI di Windows 7 Image
  3. Ada tiga pilihan yang akan Anda temui di menu bar yaitu : Mouse Control, Voice Control, dan keyboard Control. Saat pertama kali aplikasi di jalankan, semua opsi dalam keadaan aktif.
    Fitur SIRI di Windows 7 Image
  4. Anda bisa melakukan settings ke tiga melalui menu Options > Settings.
    Fitur SIRI di Windows 7 Image
  5. Jendela Settings menyediakan pengaturan Control, On Screen, Display, Voice Command, dan Start.  Fitur ini berlaku apa bila di perlukan saja, jadi tidak harus.
    Fitur SIRI di Windows 7 Image
Untuk mengatur Voice Command, Anda perlu mengatur konfigurasi audio mixer untuk windows. Klik icon speaker di tray windows sebelah kanan bawah. Saat kolom bar penuh jendela Voice Command akan tertutup dengan sendirinya.

Langkah ini sebenarnya memerlukan dahulu perintah suara yang kita rekam sendiri ke dalam, lalu kemudian aplikasi ini akan mencocokkan perintah suara dengan suara yang sudah di simpan sebelumnya. Penulis sudah mencobanya dan mendapatkan hasil yang cukup akurat.