Snippet

Sony Computer Entertainment Pamerkan 2 Game Eksklusif PS Vita

Dalam acara peluncuran PlayStation Vita yang digelar di fX Lifestyle X’nter pada hari Selasa (8/5) kemarin, pihak Sony Computer Entertainment Asia (SCEA) memperkenalkan dua game yang siap memanjakan para gamer PS Vita, yaitu Unit 13 dan Reality Fighters. Masing-masing produser dari kedua game tersebut pun datang untuk memamerkan sejumlah fitur dan gameplay yang ingin mereka tawarkan.

Unit 13

Mark Rogers, Senior Producer at SCE Foster City Studio America, memperkenalkan portable military shooting game yang diciptakan khusus untuk memanjakan para gamer PS Vita yang “trigger happy”. Para gamer dapat memilih satu dari enam karakter dalam Unit 13 untuk menyelesaikan 36 misi utama dan 9 misi bonus, serta beragam online daily challenges.

Kehadiran dual-analog dalam PS Vita membawa pengalaman bermain game third-person shooting di konsol ke dalam perangkat gaming portabel. Tambahan fungsi layar dan panel sentuh memudahkan gamer dalam memilih karakter, senjata, serta mengontrol sistem bidik dan reload senjata dalam permainan.

Unit 13 menawarkan mode co-op yang dapat dinikmati via koneksi Wi-Fi, tanpa memandang jarak antar pemain. Dengan kata lain, gamer dapat melewati setiap misi dalam Unit 13 dengan teman di kota atau bahkan negara yang berbeda. Kehadiran built-in microphone dan speaker dalam PS Vita pun memungkinkan pemain untuk melakukan voice chat selama permainan berlangsung.

Reality Fighters

Pasar game fighting telah dihiasi dengan beragam judul legendaris, seperti Tekken, Street Fighter, dan Mortal Kombat. Namun, tidak satu pun dari judul tersebut yang memberikan kemampuan kustomisasi seleluasa yang dihadirkan Reality Fighters.

Game besutan SCE XDev Studio Europe ini memanfaatkan kedua kamera dalam PS Vita. Kamera depan digunakan untuk mengambil foto pemain dan menciptakan karakter, sedangkan kamera belakang digunakan untuk mengambil tampilan lokasi pertarungan.

Dalam kesempatan ini Mitsuo Hirakawa, Producer SCE XDev Studio Europe, menunjukkan kemampuan kustomisasi karakter yang menempatkan gamer sebagai bintang dalam Reality Fighters, serta gambar 3D Panoramic 360° yang dapat diciptakan dengan kamera PS Vita. Gambar tersebut dapat disimpan dan digunakan untuk setting pertarungan.

Reality Fighters menggunakan teknologi 3D Augmented Reality (AR) sehingga gamer dapat menampilkan karakter ciptaannya dalam lokasi yang ditangkap kamera PS Vita secara real-time. Mitsuo menjelaskan bahwa semakin jauh kamera dari tanah, karakter Reality Fighters pun akan tampak semakin besar.

Game fighting khusus PS Vita ini tidak hanya memanfaatkan analog stick dan tombol fisik dalam PS Vita, tetapi juga memanfaatkan layar dan panel sentuh untuk mengontrol para petarung. Kualitas animasi yang ditampilkan pun terlihat mulus, dengan sentuhan cartoon yang mampu mengundang tawa para gamer maupun penonton.