Quora Muncul Twitter Bakal Tersungkur
 
   Sepanjang  tahun 2010, popularitas Facebook dan Twitter bak di atas angin.  Sebaliknya, MySpace, Friendster, dan Bebo, perlahan-lahan memudar di  jagat jejaring sosial. Apa kabar jejaring sosial di tahun 2011? Ada yang  mengatakan Facebook batal IPO meski valuasinya sudah mencapai Rp450  triliun, MySpace dijual, hingga Twitter yang mulai membosankan. Namun,  bicara soal layanan mirip Twitter, nampaknya tahun ini tetap akan  menjadi tren di jejaring sosial.
Pertanyaanya, mengapa Twitter diprediksi akan jadi membosankan?
Layanan  mikroblog itu memang tetap meluncurkan sejumlah fitur-fitur baru ke  depannya, diikuti dengan turunnya eksekutif senior atau regenerasi.  Baru-baru ini, Twitter juga mendapat suntikan dana untuk membangun  platform iklan dan desain ulang.
Namun,  Twitter diprediksi akan fokus pada platform iklan dan meluncurkan  fitur-fitur untuk mendukung bisnisnya semata. Inilah yang ditakutkan  akan membuat perkembangannya lamban. Setahun ke depan, Twitter akan  menjadi salah satu layanan media sosial paling membosankan. Tapi, baru  sebatas ramalan.
Untuk  saat ini, Twitter masih boleh tenang. Tapi, beberapa saat lagi Twitter  kedatangan "teman" baru: Quora. Berbeda dengan Twitter, tapi bisa  dibilang ia menyempurnakan apa yang dipunyai Twitter. Ia muncul untuk  menjadi bursa pengetahuan online dunia.
Semacam  Wiki? Ada yang menyebut demikian. Tidak sepenuhnya salah, karena di  dalam websitenya Quora memang mengatakan akan menampung segala  pertanyaan, jawaban, dan hasil suntingan yang dibuat oleh penggunanya.  Intinya, Quora diharapkan dapat menjawab tiap pertanyaan seseorang dari  berbagai sumber yang terpercaya. Mengumpulkan pengetahuan? Ya.
Quora  diramalkan akan 'meledak' di tahun ini. Karena fungsinya kurang lebih  sama dengan Twitter, di mana penggunalah yang menghasilkan konten (user  generated content), maka Quora akan memanfaatkan momen tersebut untuk  menjungkalkan Twitter. Terlebih lagi, situs mikroblog itu diprediksi  akan terseok-seok tahun ini.
Situs  tanya jawab sosial Quora asal Silicon Valley bisa saja menjadi  primadona baru tahun ini. Sayangnya, Quora yang diluncurkan Juni 2010  lalu masih belum bisa dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat umum. Namun,  kami yakin mereka akan memulainya tahun ini, memanfaatkan momentum  Twitter dan siap lepas landas.
Quora  bisa merepresentasikan tren teknologi yang lebih besar, yang mana dapat  memenuhi sebagian besar kriteria kebutuhan rata-rata pengguna media  sosial. Jika di Twitter, Anda bisa mengikuti seseorang, di Quora Anda  juga bisa mengikuti topik dan pertanyaan selain orang. Artinya, Anda  bisa mengikuti hal apa saja yang Anda suka, tidak sebatas figur atau  orang saja.
Kemampuan eksplorasi  keinginan penggunanya ini yang bisa membuat Quora kuat. Adiktif, dan  besar kemungkinannya ia mengulang kesuksesan Twitter di tahun 2007, di  mana semua orang mulai mendaftar dan menggunakannya secara masif.
 
 
 
 

 
 


Posting Komentar