Snippet

Merek Dagang Indonesia Tempo Dulu

Merek atau merek dagang adalah nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/jasa dan menimbulkan arti psikologis/asosiasi. Nah, berikut merupakan merek-merek dagang tempo doeloe yang ada di Indonesia dan tentunya sangat menarik untuk dilihat.

1. Tirta Manis (Kopi Bir)
Produk minuman kopi bir. Mereknya nggak jelas, apakah Kopi Bir atau Tirta Manis (soalnya kedua tulisan itu sama-sama besar dan menyita perhatian) tapi tetap saja menarik.

2. Obat Nyamuk Bangau Angsa
Entah kenapa produsen Obat Nyamuk bakar asal Semarang ini memakai Bangau dan Angsa sebagai trade marknya ya? terlepas ada makna/filosofi si punya usaha, apalakah kedua unggas ini memang pemangsa nyamuk?

3. Obat Nyamuk Menara Kuntul
Kalau ini Obat Nyamuk Bakar Tjap Menara Kuntul (Bangau). Sepintas cap/bungkus obat nyamuk bakar didominasi warna merah. Apa untuk mengelabui pasar?

4. Obat Nyamuk Menara Keong 1972
Merek unik, tua dan langka pada bungkus obat nyamuk bakar. Tjap nya pun unik : Menara Keong buatan 1972

5. Ratus Cap Manten - Solo
Maaf kemasan ini bukan jamu. Nyaris saya kirain jamu waktu dipajang di sebuah kios kelontong. Untung tak diminum. Dengan warnanya yang gonjreng, kemasan dari kertas ini tentu menarik perhatian. Ternyata sebuah produk ratus untuk wanita. Produk tradisional sebagai pengharum kewanitaan jelang malam pertama, yang lucunya bergambar sepasang pengantindengan dandanan ala pengantin Barat (Eropa). 

6. Kopi Podoredjo - Magelang

Ane pikir merek roko abisnya mirip rokok "Gudang Garam" karena gambarnya dua gudang besar. gak tau nya merek kopi. Tapi anehnya nama brand atau merek malah "Podoredjo" (artinya = pada sejahtera). Harga kopinya sangat terjangkau. Rasanya juga lumayan, tidak kalah dengan merek-merek kopi terkenal secara nasional.

Itulah merek, antara visual dan kata kadang nggak nyambung. Tapi kalau laku dan disukai pasar, why not? Semua kembali ke hukum dagang. Produk yang dicari dan diminati, tak peduli ada sinkronisasi antara gambar dan kalimat tadi. Yang penting laku.

7. Gambaran Indonesia ada di sebuah Kemenyan

Ini bukan lukisan standar para murid waktu duduk di bangku SD, dimana ada garis panorama, gunung-gunung, bapak tani membajak di sawah, pohon besar kecil yang hijau, persawahan, langit, awan dan burung-burung beterbangan. Hemm. . .sebuah gambaran Indonesia yang sangat ideal. Gemah ripah loh jinawi.

Juga bukan merek dari varietas padi unggulan. Ini hanyalah sebuah cap atau merek dengan menggunakan lukisan yang lumayan kecil pada sebuah produk kemenyan seukuran kotak korek api. Kemenyan? ya benar, kemenyan buat doa-doa itu.

8. Teh Cap Dandang
Produk teh tubruk merek Dandang ini, ada di pasar tradisional di kota Ambarawa

9. Cap Baterai (etiket korek api)
Etiket korek api dengan cap Baterai. Ada tiga baterai dalam frame yang menjadi cap korek api batang ini.