Snippet

Cara Mudah Deteksi Link Asli dan Aman dari Bit.ly, Tiny URL dan Goo.gl

Eksis di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter memang menyenangkan. Anda bisa menambah teman baru atau saling menyapa antara teman lama. Selama Anda berselancar di website jejaring sosial tersebut pasti sudah tak asing bila melihat link-link pendek seperti bit.ly, tinyurl.com, goo.gl dan masih banyak lagi.
Cara Mudah Deteksi Link Asli dan Aman dari Bit.ly, Tiny URL dan Goo.gl Image

Pada dasarnya link pendek ini sengaja digunakan agar lebih mudah di-copas dijejaring sosial bila dibandingkan kita harus mengetahui link aslinya yang jauh lebih sulit dingat dan dihafal. Namun sayangnya, kadang link tersebut mengarah ke iklan-iklan, website dewasa, link referral, atau malah web yang mengandung virus. Anda merasa parno? Sudah pasti dong. Tapi apa dengan begitu kita harus menghindari link-link pendek tersebut? Jawabannya, “tidak”. Apa alasannya? Karena kita sendiri bisa mengidentifikasi apakah tersebut aman dikunjungi atau tidak. Jika ingin tahu lebih lanjut, ikuti petunjuk di bawah ini.

Sebenarnya ada trik mudah yang bisa digunakan untuk mengetahui link asli dari link pendek tersebut. Untuk mengetahuinya, di sini kami menyampiakn trik yang sanagt mudah dan gampang untuk diingat. Caranya, cukup dengan menambahkan beberapa karakter tertentu pada  ULR Shortener dan seketika itu juga anda bakal tahu link tersebut sehat atau tidak untuk dikunjungi.

Bit.ly

Untuk URL Shortener bit.ly, cukup tambahkan huruf “+” pada akhir link dan seketikan itu juga anda akan melihat preview dari link tersbut. Sebagai contoh:

Dan tambahkan satu karakter + di akhir link menjadi:

Dari link yang ditambahkan tanda + di atas, kita akan bisa mengetahui judul dari website tujuan, berapa kali diklik, alamat link aslinya, statistik terakhir diklik, lokasi orang-orang yang telah mengklik link tersebut, serta tweet yang berhubungan dengan link aslinya. Jadi sebelum kita ke link tadi, kita bisa mengidentifikasi info link asli tanpa harus mengunjunginya terlebih dahulu, jika sudah yakin, silahkan Anda tentukan sendiri.
Cara Mudah Deteksi Link Asli dan Aman dari Bit.ly, Tiny URL dan Goo.gl Image

TinyURL

Sama halnya dengan Bit.ly, TinyURL juga punya halaman info detail tentang link asli dari link pendek buatan TinyURL. Cukup tambahkan kata “preview” pada bagian depan. Sebagai contoh:

Menjadi:
Cara Mudah Deteksi Link Asli dan Aman dari Bit.ly, Tiny URL dan Goo.gl Image

Goo.gl

Link pendek buatan Google sekalipun masih kita bisa ragukan keamanannya. Untuk meyakinkan apakah link tersebut aman atau tidak, tinggal tambahkan tanda + sama seperti pada bit.ly. Sebagai contoh:

Menjadi:
http://goo.gl/wrO8P+[/cpde]

Dari halaman informasi link pendek goo.gl, kita akan bisa mengetahui tentang berapa kali jumlah klik dan statistik pengunjung link tersebut, termasuk negara, browser serta platform yang digunakan oleh user yang mengunjungi link pendek tersebut.
Cara Mudah Deteksi Link Asli dan Aman dari Bit.ly, Tiny URL dan Goo.gl Image

Nah kini Anda sudah bisa merasa aman, tak perlu lagi takut untuk mengklik link pendek lagi. Tinggal tambahkan karakter yang disebutkan di atas, maka Anda bisa “mengintip” info link aslinya.